Tuesday 4 August 2009

Hypnobirthing

This is the story :)

Sewaktu awal mengetahui bahwa Hani hamil, rasanya unbelieveable. Antara surprise, seneng, takut, anxiety, cemas, hwaahh... macem-macem lah. Kayanya pas hamil itu Hani merasa memasuki fase sebenarnya dari hisup seorang wanita. wuiihhh... (ALHAMDULILLAH)

Surprise banget karena hitungannya baru sekitar 3 bulan menikah, udah dikasih hamil. Karena dipikir, paling akan hamil setelah 1/2 tahun atau 1 tahun menikah. Mungkin, terbersit perasaan ga siap juga siyh. Tapi... banyak wanita yang mengidamkan kehamilan, dan Hani dianugerahi kehamilan ini, maka Hani sepatutnya bersyukur, dan kemudian merawat kehamilan ini dengan baik.

Tipikal Hani adalah orang yang suka khawatir atas sesuatu jika tidak tau ilmunya. Karena itu, langkah selanjutnya setelah memeriksakan diri ke dokter bahwa Hani hamil, adalah membeli buku tentang kehamilan.

Kehamilan tentunya dibarengi dengan persalinan. Lagi-lagi, hal ini sepertinya menjadi sesuatu yang 'scary' untuk Hani. Heran juga siyh, kebanyakan cerita ga bagus dari para ibu-ibu yang udah pernah melahirkan. Yang istilahnya vaginanya dirobek (episiotomi)lah, yang mules dua hari lah, yang pake balon, yang vakum, yang operasi... hadouuhhh.... terdengar horor semua.

Saat keliling cari buku, ALHAMDULILLAH ada satu buku yang judulnya cukup provokatif. Yaitu Hypnobirthing, Melahirkan tanpa rasa sakit. Penulisnya Evariny Andriana dan Lanny Kuswandi. just info, sampai saat ini kami masih menjadi anggota milis hypnobirthing tersebut lho. he.he..

Ini bukunya :




HypnoBirthing® merupakan suatu metode baru yang dikhususkan untuk wanita hamil dengan melakukan relaksasi mendalam, bertujuan untuk mempersiapkan proses kelahiran normal yang lancar,nyaman dengan rasa sakit yang minimum.

Buat Hani, inti dari hynobirthing itu relaksasi dan penanaman sugesti positif akan kehamilan dan persalinan nanti.

Setelah membaca bukunya, Hani cukup rajin mengikuti latihan relaksasi dari CD yang ada di dalam buku. Tapi... ga pernah sampe selesai. Baru setengah jalan udah pules, tau-tau CDnya off sendiri. he..he..

Pokoknya, setiap kesempatan, setiap saat, kita menanamkan afirmasi positif mengenai kehamilan dan kelahiran yang akan dijalani. ALHAMDULILLAH, kehamilan dijalani dengan lancar tanpa mabok-mabokan. Masalah mual sih ada aja, apalagi kalo laper. So, di awal kehamilan, Hani selalu bawa bekel makan siang, plus buah seperti apel atau melon atau mangga, pokoknya yang bisa ngilangin laper, tapi ga berupa karbohidrat.

Mengenai persalinan,,,,

Tunggu kisahnya di postingan selanjutnya.

Beberapa situs terkait hypnobirthing :

- kafebalita
- Web hypnobirthing indonesia
- Hypnobirthing, The Mogan Method

Meja kerja Bunda, 4 Agustus 2009 jam 11.12
Hari Selasa

1 comment:

mommy adit said...

Salam kenal.. saya juga anggota hypnobirthing. Bukunya sudah dibaca habis semua sih, tapi kok kayaknya prakteknya agak susah.. bisa disharing?

Powered By Blogger