Wednesday 5 January 2011

Menyapih Lebih Sulit Daripada mengusahakan Full ASI

This is the story :)

Inilah yang sekarang dirasakan Bunda. Menyapih Azka rasanya lebih sulit daripada mengusahakan full ASI eksklusif.

Waktu 6 bulan untuk ASIX ternyata sebentar. ALHAMDULILLAH dengan arahan dari teman Bunda, dan baca-baca milis, tidak ada kendala dalam ASIX.

Sekarang usia Azka udah 2.2 tahun. Sulit makan dan picky eater. Abi, Uti, Tante Ari, Akung, bahkan ada teman Bunda juga yang menyarankan Bunda untuk menyapih. Mau tidak mau harus disapih. Alasan harus disapih adalah, jika anak sudah disapih, pasti nafsu makannya akan membaik. Oh ya??? Peluangnya masih 50-50 kan? OK kalo jadi nafsu makan, lha kalo sama aja...? Rugi double kuadrat.

Iya.. memang Azka harus disapih. Tapi cara yang Bunda yakini adalah baby led weaning / weaning with love / weaning with slow. Yang intinya, ga pake cara-cara kasar seperti diolesin pahit-pahit seperti brotowali, kunyit, atau obat merah / plester, dll.  Cara yang dipake adalah pelanpelan membrikan pengertian untuk Azka, kalau Azka udah besar, udah saatnya stop ASI. Bunda tau ini ga bisa cepat. Perlu waktu mingguan, bulanan, bahkan di sebuah milis, ada yang bercerita proses menyapihnya adalah 1 tahun 2 bulan. Tapi menurut Bunda ini jauh memberikan kenyamanan baik untuk Bunda maupun untuk Azka. Pelan-pelan kami berdua mempersiapkan emosi untuk bisa 'lepas' menyusui.

Mungkin orang hanya melihat dari satu sudut pandang bahwa menyapih adalah solusi agar anak doyan makan. Tapi... pernah ga si ngerasain rasanya kehilangan moment indah, dimana saat menyusu Bunda ngelihat mata bening bulat Azka menatap wajah Bunda, jari tangan Azka bergerak-gerak seakan meniru sesuatu, lucu sekali melihatnya, dan yang pasti, setelah habis mimik ASI, wajah Azka sumringah bin cerah banget. MASYAALLAH... hubungan indah kaya gini mau diberhentikan oleh seoles brotowali dan sebangsanya itu??? Oh No!!!

Ah sudahlah, Azka 2 tahun, sudah bisa diajak bicara. Kemampuan komunikasinya lagi berkembang pesat. kenapa juga ga Bunda manfaatkan kondisi ini untuk memberikan pengertian mengenai penyapihan dan makan yang benar??

Meja Kerja Bunda
5 January 2011 jam 10.32

No comments:

Powered By Blogger