Wednesday 29 March 2017

Hijrah

This is the story :)

Hijrah.
Asal kata Hadjara yang maknanya bermacam-macam. Secara bahasa ada yang memaknai sebagai 'memutuskan'. Orang yang berbahasa Indonesia, apabila dikemukakan kata 'hijrah', maka ia akan mengasosiasi pada sesuatu hal yang berhubungan dengan perubahan / perpindahan.

Nabi Muhammad SAW pun berhijrah ke Madinah, untuk mecari kehidupan yang baik bagi ummatnya. Pada waktu itu di Mekkah, situasi sudah sangat tidak kondusif untuk berdakwah. Intimidasi, siksa, boikot, semua sudah dialami oleh Nabi Muhammad SAW dan ummatnya. Tujuan hijrah ke Madinah juga bertujuan untuk menjaga keberlangsungan dakwah Islam.

Pemahaman lain mengenai hijrah yaitu merubah diri menjadi lebih baik. Dan ini, bisa jadi, ada comfort zone yang harus ditinggalkan.

Sungguh, hijrah ini membutuhkan azzam yang kuat, niat kuat karena Allah, tidak terkotori kekhawatiran dunia. Dan Bunda, secara pribadi memberikan penghormatan yang luar biasa pada teman-teman yang hijrah.

Ada teman yang cantik, dengan hijab yang modis, lalu hijrah dengan gamis dan kerudung panjangnya, serta membiarkan wajahnya polos tak ber-make up. Dan hijrah ini pastilah tidak luarnya saja, tetapi juga 'dalam'nya. Walaupun hanya bersua lewat media sosial, ada getar khusyu' yang Bunda rasakan pada teman-teman ini saat mereka berbicara atau memposting sesuatu di media sosial.

Ada teman yang menjual beragam benda elektronik berharga di rumahnya demi membereskan semua cicilan yang terindikasi riba. Begitu bertawakalnya pada Allah, sehingga tidak ada raut kesedian dan kekecewaan saat benda-benda tersebut berpindah tangan dan teman tadi tidak lagi menikmati fasilitas kemudahan dan kenyamanannya.

Daaannn.... ngga lucu kalau Bunda cuma nulis. Proses hijrah ini, harus dimulai, dijalankan, diresapi dengan hati. Pertolongan Allah itu dekat. Tugas utama adalah membersihkan hati kotor ini, dan mengaktifkan otak kanan untuk ga berucap : 'Ntar kalo begini gimana?', 'Misalkan begitu jadi apa?', Hanya azzam yang kuat yang menjadikan diri kita berhijrah kepada hal yang diridhoi Allah.


No comments:

Powered By Blogger