Thursday 16 June 2011

Review kontrol ke DSOG

This is the story :)

Meneruskan tulisan sebelumnya, di sini Bunda mau ceritain kontrol ke DSOG kemarin. Bunda kontrol ke dr. Dwi rasyanti, SPOG. Beliau praktek di Hermina Bekasi, YPK Menteng, dan RS Haji Pondok gede.

Jam 4, Abi dan Bunda meluncur dari Mega Kuningan menuju Hermina Bekasi. Bukan main deg-degan rasanya. Membayangkan duduk di kursi kerajaan. Well, ini nih kebiasaan buruk Bunda. Suka membayangkan yang nggek-nggak. padahal, kenyataannya ga seburuk itu. ok, lanjut.

Kita sampai Hermina Bekasi sekitar jam 5.30. Daftar dan bla-bla, lalu nunggu deh di ruang tunggu. nah, Bunda di urutan ke-7. Lumayan juga sih nunggunya. he..he.. Tiap susternya buka pintu dokter, tiap itu pula Bunda berharap cemas. Kalo Abi sih... Hem... adem ayem aja nonton TV. cool... Malah ngeledekin Bunda. 'Halah, gitu aja takut. Kemaren ke dokter gigi berani.'. Wah, sebel kalo udah gini. Bunda bales aja, 'Ayo Abi kalo mau tes ke dokter gigi. kenapa Abi ga mau, takut ya?' Weleh.. yang ditanya cuma ngangguk.

Dan, setelah sekitar 5 orang pasien masuk, tibalah Bunda masuk. jreng-jreng ... Inilah percakapan kita di dalam antara Bunda (B), Abi (A), dokter (D) :

B : Sore dokter...
D : Sore, (sambil  lihat buku rekam medis Bunda).
B : Masih inget saya ga dokter, dulu waktu dokter Pudji dinas, saya kontrol abis melahirkan ke dokter.
D : senyum-senyum ...iya ... ada apa nih Bu?
D : Hah..? Inii beneran, pasang IUD nya 2008, sekarang baru mau kontrol?
B : Iya dokter. he..he.. abis takut kalo disuruh duduk disono (sambil nunjuk kursi kerajaan).
D : Ya nggak, kan di USG dulu. Trus, sekarang kenapa nih Bu, ada keluhan apa?
B : Kayanya saya mau lepas aja dok, abis perut bagian kanan bawah saya sakit. Mungkin posisi IUDnya ga bener kali ya.
D : Lagian, anak udah 2.5 tahun, ngapain juga KB? Hamil tuh, paling enak di bawah umur 35. Sekarang umur berapa?
B : Hm... udah mau 31 dokter. Saya masih punya space 4 tahun lagi kan? (Astaghfirullah Al Azhiim, pede banget sih, emang kalo lebas IUD langsung dikasih hamil sama ALLAH)
D : Lho, emang dikira lepas IUD langsung hamil, ntar ga jamil-hamil, tau-tau umur udah 35. Anak saya 2, sebenernya saya pengen lebih dari 2, saya ga KB, tapi ga hamil-hamil. Guru-guru saya semua pada nany... "Kamu nunda punya anaknya kelamaan sih ya? makanya lama dikasihnya kan?'
B : Ya.. kan nungguin kakaknya masuk SD dulu dokter. Ntar kalo kakaknya masih kecil, masih pengen disayang, pengen dimanja, trus udah ada adeknya kan kasian.
A : Emang nih dokter... pikirannya kolot.
B : Ih Abi, kok gitu sih?
D : Hemm (geleng-geleng kepala). Ya disayang dua-duanya lah... Anak, kalo terlalu jauh, dia ga jadi kawan. Ya.. paling ngga bedanya 2 tahun lah. Karena usianya berdekatan, mereka akan jadi kawan.
B : Tapi saya dan ade saya beda 2 tahun, suka berantem kok dokter. (dalam hati sih bener, pas udah gede, Bunda dan Tante Arie bisa jadi temen... life-theme kita relatif sama, karena usianya yang cukup dekat).
D : Mau anak beda 10 tahun, beda 2 tahun, cewek-cewek, cowok-cewek, cowok-cowok, pasti berantem. Biarin aja berantem, dengan berantem mereka belajar bersosialisasi.
D : ok, Ibu mau lepas IUD, lagi haid?
B : Ngga dokter
D : Enakan, kalo leas IUD itu pas lagi haid, 2 atau 3 hari haid deh.
B : Ihhh... lagi banjir-banjirnya? Emang ga geli dokter?
D: Nggak. (sambil ketawa-tawa) kan saya yang request. Jadi, kalo lagi haid itu, mulut rahimnya lebih lunak, saya ngambilnya lebih enak, dan Ibu lebih nyaman, ga sakit. Kalo sekarang mah susah, pasti sakit.
B : O gitu... Oh ya dokter? Saya perlu pap smear ga?
D : Ya perlu, paling ngga setaun sekali. Paling bagus itu, seminggu setelah haid, dan 3 hari tidak berhubungan. Karena kalau dekat dengan haid kadang masih terlihat darah, dan kalau setelah berhubungan, suka masih ada genangan.
B : Oo... Berarti, saya musti jadwalin lagi nih dokter. Saya haid untuk buka IUD, dan setelah itu pap smear.
A :  Misalkan kalo nanti haid buka IUD aja ga perlu pap smear gimana dok?
D : Pap smear itu perlu. 90 % dari sel-sel kanker mulut rahim yang ditangkep saat pap smear, kalo udah ketahuan, bisa diobati dan insyaALLAH ga jadi kanker. Ini penting banget karena tiap 1 jam, 1 orang wanita meninggal karena kanker mulut rahim.
A : Oo... ya udah pap smear aja sekarang. Kamu haidnya udah lewat seminggu kan?
B : Ih Abi... kan syaratnya juga ga boleh berhubungan 3 hari.
A : O iya ya... (nyengir).
D : ikutan nyengir juga... susternya juga nyengir.
D : Dah, yuk... sekarang silakan naik ke tempat tidur. Kita USG.

Di tempat tidur, sambil susternya ngolesin gel adem ke perut, dan dokternya nyalain monitor.
D : Sekarang kita lihat hasil USGnya dulu. Sambil lihat ke monitor. IUDnya baik-baik aja, letaknya bagus. bisik-bisik ke suster... Tau gini ga jadi lepas deh.
B : bisik-bisik juga.. pengennya gitu dokter.

Di meja konsultasi
D : Jadi, sakit perut di kanan bawah, jangan diremehkan. Bisa jadi usus buntu.
B : Tapi dugaan saya malah saluran kemihnya dokter.
D : Ya... salah satunya bisa itu juga, makanya kita lihat hasil pap smearnya.
B : Kalo hasil pap smear ok?
D : Saya akan rujuk ke dokter bedah. Nanti kan di rontgen, trus ditest.
B : ok deh dokter... Oh ya, selain di YPK dan di sini, dokter praktek di mana lagi?
D : Di rumah sakit Haji Pondok Gede.
B : Kalo di YPK lebih rame ga?
D : Karena prakteknya satu hari, jadi rame sih ya...

So...kesimpulannya, Bunda belum pap smear, dan belum lepas IUD juga. Tapi sebelum kesemuanya, Bunda mau make-sure dulu kalo semua test itu dicover sama asuransi.

Semoga semuua baik-baik aja. Amien.

No comments:

Powered By Blogger