Monday 4 August 2014

Tips Mudik (Share dari Pengalaman Mudik Pemalang 2014)

This is the story :)

Alhamdulillah lebaran ini kami bersilaturahim ke saudara-saudara Abi di Pemalang.
Mudik ini adalah first trip dalam beberapa hal, yaitu :
1. First trip menggunakan mobil sendiri.
2. First trip ke area Jawa Tengah untuk Azka, karena paling jauh trip nya Azka adalah Bandung, Tasik Malaya. Bukannya kami ga mau trip lebih jauh, tapi kami rada terkendala sama gaya makannya Azka yang picky eater sangat. Alhamdulillah di usia menjelang 6 tahun ini Azka sudah bisa 'dipaksa' untuk makan apa saja yang kita temukan di kota tujuan. Yeah.. walopun Bundanya pake ngomel-ngomel dikit siyh. he..he.. Maaf ya Azka.
3. First trip untuk baby Alisha.
4. First trip Bunda dan Abi saat lebaran. Sebelumnya Bunda dan Abi pernah juga trip ke Jawa Tengah tetapi tidak saat lebaran.

Nah.... beberapa hal yang mungkin menjadi catatan, yang in sha Allah dibutuhkan :
1. Buat rencana trip yang matang.
    Bunda sarankan buat beberapa plan.
    Contoh : Plan A : Jika perjalanan lancar
                   Plan B : Jika macet di kota X
    Plan nya tergantung kondisi anak-anak.
2. Booking hotel.
3. Kalo perjalanan siang, usahakan bawa bekal buah yang cukup banyak. Kalo perjalanan malam, Bunda sarankan bawa bekal yang padat karbo seperti roti. Jangan lupa bawa air putih yang banyak.
4. Jangan terlalu tight schedule, apalagi jika ada baby. Jika baby rewel, berhentilah di pom bensin / rest area / tempat apapun yang memungkinkan berhenti, turun, gendong baby sampai dia tenang lagi. Nah, dengan banyak berhenti, kita harus sangat fleksibel dengan jadwal trip kita.
5. Cek diapers baby secara berkala ya..
6. Untuk urusan packing, siapkan 1 tas khusus untuk backup pakaian, diapers, sabun cair, gel pembersih tangan, tisu basah. Usahakan posisi tas ini mudah diraih di dalam mobil.
7. Untuk para Bunda, jaga kesehatan, terutama asupan makanan. Bunda merasa, kalau trip bareng baby, kita akan 'kerja dobel', yaitu untuk menyamankan diri kita di perjalanan, sekaligus menyamankan baby di perjalanan.

Moga bermanfaat yah untuk yang mau mudik.


No comments:

Powered By Blogger