Wednesday 18 January 2017

Memperlakukan Makanan

This is the story :)

Bunda suka acara Food Source, di channel Asia Food Channel. Jadi, host acara ini meliput proses menghasilkan bahan makanan. Dari mulai tanamnya, pemeliharaan, sampai pemasarannya. Atau cara menagkap ikan, pengepakan, dan penjualan, dll/  Dan yang menjadi klimaks adalah, di akhir acara, kita disuguhkan beberapa quotes tentang perjuangan orang-orang yang menghasilkan bahan makanan tersebut. Misalnya, ada tulisan 'Bekerja keras sepanjang hari', atau 'Menerjang lautan dan badai'. Dan ilustrasi tulisan tersebut disertai dengan gambar si petani / nelayan yang sedang bekerja, serta diringi dengan alunan musik yang lembut.

Acara ini seakan ingin menyampaikan pesan bahwa apa yang ada di piring kita, itu tidak serta merta datang begitu saja tersedia. Ada kerja keras yang dilakukan oleh orang banyak. Dan karena itu, kita musti menghargai keberdadaan makanan di meja kita. Janganlah mencela makanan itu tidak enak, karena Rasulullah pun, jika tidak menyukai suatu makanan. Beliau tidak mencela. Beliau hanya tidak mengambil makanannya saja. Dan makanan enak atau tidak enak juga tergantung yang masak kan? Yang sebenarnya bahan makanan yang disediakan oleh alam semuanya adalah bahan yang bagus. Selain jangan mencela, jangan membuang makanan. Ini yang paling Bunda tidak suka. Akhir pekan kemarin Bunda menghadiri kondangan. Dan Bunda menyaksikan ada (sekitar tiga buah) tumpukan piring dimana masih ada sisa nasi dan beberapa potong lauk. Rrgghh.... Kalo itu sisanya Azka dan Alisha sih, biasanya Bunda melakukan operasi 'sapu jagad' alis ngabisin. He..he..( Ya kali punya orang mau dihabisin juga. Ogyah la yauu.. ). Bunda kalo lihat begitu, jadi kepengen ketemu sama orang yang ga menghabiskan makanannya, terus Bunda suruh dia habiskan. Ya Allah.... kebangetan banget kalau ga nyadar kalau di belahan bumi lain masih ada orang yang kelaparan. Atau  mungkin, setiap catering, di meja makanan perlu ada lable meja yang berbunyi gini kali ya :

Ambil yang Anda Makan
Makan yang Anda Ambil

Quotes itu diconterk dari kantin di kantor perusahaan Abi yang dulu. Dengan begitu, tiap orang akan konsisten hanya ambil apa yang akan ia makan dan habiskan saja.

So Guys.... jangan kalap kaya orang ga makan seminggu ya kalo ke kondangan, segala macem diambil dalam porsi besar terus ga dimakan. Kalem aja.... ambil sedikit-sedikit, kalo kurang nambah. Kalo antri? ya konsekuen lah. Namanya juga makan gratisan. kalo mau cepet dan puas porsinya, modal dikit ke restoran. -bahasa nyinyir mode on- 

No comments:

Powered By Blogger