Wednesday 12 May 2010

ASI, Penurun Panas yang Handal

This is the story :)

Saat tulisna ini dibuat, kami masih mendapat laporan dari Uti di rumah kalau Azka badannya masih panas. Well, ga papa. insyaALLAH akan segera membaik.

Badan Azka panas dari kemarin sore, setelah bangun tidur, sebelum mandi. Sama Uti masih dimandikan, karena (menggunakan perabaan), badannya anget aja alias sumeng. Ya.. kalo Bunda kira sih masih di bawah 38.5 dercel (derjata celcius). Tapi sama Uti udah dikasih tempra.

Pas waktu Maghrib, kami sampai rumah, badan Azka memang teraba agak hangat. Memang ga selincah biasanya, tetapi juga ga lemes banget / lethargic. ALHAMDULILLAH, menjelang malam, suhu tubuh normal, mimik ASI, terus bobo lelap.

Tengah malam, sekitar jam 00.46, Azka mulai rewel. Agak terbangun sedikit, dan Bunda raba badannya panas. Panasnya merata, kepala, badan, tangan, kaki. Bunda taksir di atas 38.5 dercel. Ga bisa ngukur pake termo, karena anaknya bergerak terus. Terhitung dari situ, setiap sejam dia rewl, terbangun sedikit, dan mimik ASI terus. Subuh hari, Bunda tes pake termo, suhunya 38.9 dercel. Hm... agak tinggi, tapi insyaALLAH ga papa.

Azka bangun cukup pagi, jam 05.00. Biasanya kalau sudah bangun, dia akan langsung asik dengan buku mobilnya ditemani Abi. Sembari Bunda menyelesaikan pekerjaan pagi hari. Tapi... sejak bangun, Azka rewel... minta mimik ASI lagi. akhirnya ketiduran lagi. Bangun sekitar jam 06.40, minta mimik ASI.

Nah... saat mimik ASI pagi, Azka keringetan. panasnya berangsur turun. Hanya kepala yang teraba panas. Kaki dan tangannya normal. Dan sewaktu kami berangkat, Azka sudah mau main keluar dan lincah. ALHAMDULILLAH. he..he..

Nah, dari sini Bunda menyimpulkan bahwa ASI adalah penurun panas yang cespleng.

Namun nampaknya menjelang siang panasnya naik lagi. Hm... moga segera sembuh ya sayang. InsyaALLAH besok Bunda dan Abi di rumah. Jadi Azka bis amimik ASI sepuasnya, bercanda sama Abi sepuasnya biar sakitnya sgeera sembuh.

Diagnosa kami, Azka kayanya masuk angin. He..he.. sebenernya ga ada istilah masuk angin siyh dalam bidang medis. Ini untuk memudahkan kami aja. CIrinya badan panas, pup agak cari (mungkin kembung ya...) dan yang memperkuat diagnosa ini adalah panasnya tanpa disertai batpil, dan juga tadi pagi Azka buang gas dengan volume suara yang 'besar'. Ha..ha..

Jadi inget akhir Februari lalu, Azka juga badannya sempat panas tanpa ada gejala lain. Tapi syukurlah... dalam 3 hari badannya sudah normal kembali.

Meja kerja Bunda,
12 May 2010.
12.50

No comments:

Powered By Blogger