Thursday 28 June 2012

Control Week 34 (27 Juni 2012)

This is the story :)

Dua pekan setelah kontrol terakhir, kami mendatangi lagi dokter kandungan.

Agendanya adalah membahas hasil lab yang sudah dilakukan di kontrol sebelumnya, sama observasi beat badan bayi.

Hasil lab : Alhamdulillah semua normal, cuma ada sedikit ISK (Infeksi Saluran Kemih) ringan yang musti disembuhkan. Skala normal kan 1 - 6, tapi hasil lab Bunda 6 - 8. 

Berat bayi : Alhamdulillah mencapai 2 kg, tapi kata dokter ini 'mepet' banget di batas normal bawah. 2 kg hasil USG actualnya bisa jadi plus minus 10 %, jadi berat sebenarnya bisa 1800 - 2200 gram. Jadi untuk amannya, harusnya pantauan USG bayi di 2200 atau 2300 gram. Huuu..hu.. masih kurang dikit.

Ukuran-ukuran lain normal / sesuai dengan usia kandungan. Ukyran lain meliputi denyut jantung bayi, lingkar kepala, panjang badan (dilihat juga panjang pahanya), ari-ari normal, air ketuban cukup. Setelah USG perut Bunda 'diukur' sama dokter, untuk lebih memastikan besar bayi yang terindikasi kurus.

Advice dari dokter adalah Bunda tetap harus makan banyak, dianjurkan coba minum susu merk Ens*r* atau P*pt*s*l, minum air putih yang banyak, ngemil es krim, coklat. Pekan depan dokter menyarankan untuk kontrol lagi. Kalau memang beratnya sudah cukup, berarti memang kurva penambahan berat badan bayinya yang naik ekstrim di minggu-minggu terakhir. kalau kurang cukup juga, harus periksa USG Fetomaternal. Ini seperti USG tapi lebih detail. Bisa mengukur aliran darah ke bayi, ada efek doppler, dll.

Pendapat Abi gimana? Hm.. Inilah bedanya Bunda sama Abi. Bunda tuh udah kepikiran aja tentang berat badan bayi yang terindikasi 'kurus'. Tapi Abi santai. Dan karena ga kepengen Bunda kepikiran, Abi menyarankan supaya kontrolnya dua pekan lagi saja. Nah, selama dua pekan itu, dikebut asupan makan dan susunya. Semoga terkejar sesuai target.

Ya Allah.... Bunda mohon kesehatan untuk Bunda dan baby, serta kemudahan dan kelancaran dalam persalinan nanti, serta pengasuhan dede bayi setelah lahir dan seterusnya bersama Azka. Amiin.


1 comment:

irma said...

Halo mba, kebetulan sy lg googling2 eh nemu website ini. Aku pun mengalami hal yg persis sama, dsog yg sama, rs yg sama, diagnosa yg sama hehehe....

Tp insya allah semua dilancarkan ya mba...:))

Powered By Blogger