Thursday 26 May 2016

Menjadi Vegetarian

This is the story :)

Melanjutkan pola makan food combining yang pernah Bunda tulis, kali ini Bunda ingin bahas perlukah kita menjadi vegetarian. Tentunya dalam perspektif Bunda. Cieee.... Membahas ini tentunya sejauh informasi dan pengetahuan yang Bunda miliki.

Jadi, dalam food combining, tujuan paling dasar adalah membuat keadaan tubuh homeostatis. Yaitu menjaga agar pH darah dalam keadaan netral. Jikalau pH darah dalam keadaan netral, maka daya tahan tubuh terhadap virus/bakteri akan lebih kuat dan fungsi organ-organ tubuh akan berjalan baik. Keadaan homeostatis ini bisa dicapai apabila kita banyak mengkonsumsi makanan yang bersifat basa. Dan, makanan pembentuk basa itu tentulah dari buah dan sayur mentah. Jadi, memang pelaku food combining most likely mengarah ke vegetarian. Malah, ahli nutrisi Pak Wied Harry mengatakan jikalau pelaku food combining adalah pelaku setengah vegetarian, ha;l  ini karena menu sarapan berupa eksklusif buah di pagi hari.

Pelaku food combining sejatinya tidak dilarang mengkonsumsi protein hewani, namun karena protein hewani adalah pembentuk asam, maka konsumsi protein hewani memang dikurangi. Mungkin dalam satu pekan hanya saat weekend mengkonsumsi hewani. Atau dalam sebulan, hanya sekali mengkonsumsi hewani, atau bahkan dalam setahun hanya sekali mengkonsumsi hewani. Itu dikembalikan ke probadi masing-masing.

Dengan pola makan seperti ini, apakah memang perlu menjadi seorang vegetarian? (vegetarian yang Bunda maksud di sini adalah yang tidak makan protein hewani dan turunannya sama sekali. Sebenarnya Ada beberapa jenis vegetarian). Menurut pemikiran Bunda, (boleh setuju boleh tidak ya, he..he.. ) tidak apa kita tetap mengkonsumsi protein hewani, namun porsi buah dan sayur harus jauh lebih banyak daripada protein hewani.
Alasannya adalah :
1. Allah telah menghalalkan hewan-hewan yang halal seperti sapi, ikan, kambing, unta, ayam, untuk kita konsumsi. Dan sepertinya berlebihan jikalau kita membatasi diri dari apa yang dihalalkan Allah.
2. Susunan gigi geligi kita hanya memiliki empat buah gigi taring, maka itu menunjukkan bahwa kita memiliki alat untuk mengkonsumsi protein hewani. Tentunya tidak seperti karnivora dengan gigi taring berderet, mereka makan hewani setiap saat.

Jadi, kita ambil tengahnya saja. Kita combine all food, kita food combining. Kita makan pati, sayur, buah, protein hewani, sesuai aturan dan jumlah yang dibutuhkan tubuh kita.

Allahu A'lam BishShowab.

No comments:

Powered By Blogger