Tuesday 24 April 2012

Itu Mah Selera Orang Bund...

This is the story :)

Hm.. gimana ya, Ya, iya sih, Bunda juga tau, selera / passion  orang beda-beda. Cuma...

Hah.. cuma mau nulis nyerempet curcol dikit. Kan Bunda jadi marketing buku paket eksklusif dari sebuah penerbit, yang harganya emmang cukup mahal, dan takes more effort to afford them.

Pada suatu hari ada seorang prospek yang Bunda tawarkan produk tersebut... Menurutnya harganya kemahalan. Anaknya biasa beli buku second atau buku yang ngecer ajah. Ga masalah sih, kebutuhan orang masa sih kita atur? Tapinyaahh... kok kebutuhan dia pribadi (hm.. kebutuhan yang berhubungan sama dunia wanita siyh, kaya baju, sepatu, tas, dll) kok cukup besar porsinya untuk menarik perhatiannya? Maksudnya, ibarat ngelihat makanan, kalo ngelihat pakaian n asesoris dll itu bagai melihat rendang pedas yang menggugah selera, dibandingkan melihat buku yang seperti bubur bayi yang anyep rasanya itu.
Pikiran lain di luar pikiran yang sedang menulis :
waakss.. emang ini urusan Bunda Ya iyalah... kan jualan Bunda nih, profit oriented :D. kan memiliki sarana belajar anak yang bagus sangat penting lho. he..he..
Oh ya, ada cerita lain dari teman Bunda yang juga marketing. Prospeknya dia menolak buku jualan kita dengan alasan mahal. Padahal anaknya pintar, dan kelihatan punya ketertarikan pada produk buku yang kami jual itu. Eh ga taunya/... si prospek malah membelikan gadget untuk si anak, yang harganya mungkin lebih mahal daripada produk buku kami. Heuuhh... jadi ngelus dada. 

Emang bener kata supervisor Bunda. Kita itu bukan sales yang orientasinya jualan, tapi kita adalah book advisor, yang tugas utamanya adalah meng-edukasi betapa pentingnya memiliki sarana belajar yang comprehensive untuk anak. Mengenai harga mahal, hm... kalo seminggu sekali di mall, trus satu kali jatah jalan-jalanke mall dialihkan ke buku jadi ga berasa berat kan?

Ah sudah ya, daripada mengundang kontroversi. Selera orang tuh beda-beda, ga boleh disamain. Harus semangat! Justru itulah serunya, jualan yang peminatnya (kayanya) ga sebanyak barang kebutuhan fashion / asesoris. Kalo Bunda dapet customer, berarti itu customer yang benar-benar membeli value dari produk Bunda.

Ayo Bund... semangat jualan eh, semangat bersyi'ar untuk menyebarkan buku-buku keluarga muslim yang contentnya bagus banget.

Smangattt!!

No comments:

Powered By Blogger