Monday 16 April 2012

Mertuaku Adalah the Success Couple dalam Membesarkan Anak

This is the story :)

Edisi ini, Bunda mau ngomongin orang. he..he.. Yang diomongin itu, mertua Bunda sendiri, alias orang tuanya Abi. Sssttt... baca yang bener ya. Seru!

Di mata Bunda, Eyangnya Azka ini adalah orang tua yang sukses dalam membesarkan / mendidik 5 anaknya.
Parameter (versi Bunda) adalah :
1. Semua anak-anaknya komitmen dalam shalat & rukun islam. Alhamdulillah Abi termasuk dalam orang yang shalatnya tenggo, alias pas adzan teng, langsung go untuk wudhu trus shalat (Alhamdulillah.. bisa jadi 'contekan' buat Bunda).
 2. Tiga anak laki-lakinya tidak ada yang merokok --> keren banget kan??
3. Dan yang paling penting, di mata Bunda, anak-anaknya mertua Bunda ini memiliki karakter yang okeh punya, yaitu ;
  • percaya diri. nyaman banget sama keadaan dirinya, ga ngebanding-bandingin dengan orang lain.
  • selalu bersyukur.
  • optimis, ga khawatir sama masa depan, as long as kita berusaha.
  • hard worker dalam definisi wajar, weekend nya juga berleyeh-leyeh siyh. he..he..
  • Ga irian sama orang laen. 
  • Empati sama sodara gede.
  • Tau apa yang mereka mau & enjoy ngejalanin pilihannya. Hm.. ini case nya si bungsu Tante Mala. DItawarin kuliah, tapi maunya langsung kerja. Walaupun kerjanya cape (di bagian QC sebuah pabrik, dan ada shift malem nya), tapi tante Mala ini enjoy banget.. ga pernah ngeluh. 
Oh ya, bagaimana profil mertua Bunda (Eyang kung & Eyang ti) ini siyh...
Apakah mereka KB? No... anaknya 5.  Ini mematahkan teori, kalau dengan KB (2 anak saja) semua anak mendapat perhatian. Tapi toh kelima anaknya ini ter-handle kok, bahkan sampai mereka dewasa, kalo butuh apa-apa, Bapak & Ibu mertua Bunda ini selalu ada (he..he.. ini mah anaknya yang kebangetan, ngerepotin ortu).
Apakah mereka sekolah psikolog, rajin ikutan seminar parentinf? No. Bunda analisa sih ilmu mereka adalah dari pengajian plus intuisi sebagai orang tua.
Apakah Eyangkung seorang yang welfare sehingga Eyangti hanya fokus ngusrusin anak-anak, dan urusan rumah dibantu asisten? No. Dari awal merantau, Bapak & Ibu mertua Bunda adalah pekerja keras. Kerja apapun yang halal dilakoni.

Karakter-karakter yang bagus itu most likely 'dicontohkan' dari bagaimana mertua Bunda mendidik anak-anaknya siyh. Apakah mereka psikolog dan ngerti teori-teori parenting-an? Noo... Kalo Bunda analisa, mereka mengandalkan intuisi sebagai orang tua, sehingga peka sama apa maunya anak. Ini seperti teorinya Dr. Sears dalam bab pengasuhan bayi oleh ibu yangbaru lahiran. Ga usah pusing-pusing teori A, B, C, yang terkadang saling kontradiktif. Dengar aja insting & naluri kita sebagai orang tua.Insya ALLAH akan terjadi hubungan yang harmonis antara anak & ortu.  Karena... Tiap anak beda gaya, dan tiap ortu punya karakternya sendiri.

aahh.. udah yea. cukup segini. Semoga Bunda & Abi bisa jadi ortu yang asiik di mata Azka PLUS ortu yang amanah dalam penilaian ALLAH SWT. (AMIIIINNN). Dan moga Bunda & Abi bisa menyerap semua yang baik dari Eyangkung & Eyangti.

No comments:

Powered By Blogger