Thursday 15 September 2011

Ibu Bekerja (Ngantor di Luar Rumah) Itu Kesalahan?

This is the story :)

Semalam di kamar Uti yang sejuk, sambil nemenin Azka dan Rusyda bermain, Bunda dan Tante Arie terlibat diskusi yang tidak berimbang. Maksudnya ... banyakan Tante Arie yang ngomong, sedangkan Bunda mendengarkan. Ini dia isi diskusi antara Bunda (B) dan Tante Arie (A)

A : Gue sebel deh, kalo gue udah pulang, terus Mba Diah masih handle Rusyda. Gue tuh maunya kalo gue di rumah, semua urusan Rusyda gue handle sendiri. Bikin susu, pipis, maen, apapun.

B : Ya... Mba Diah kasian kali sama lo. Baru pulang kerja, cape, udah digerecokin Rusyda. Mungkin Mba Diah pengenkasih loe waktu untuk mandi dulu, shalat, makan, kalo udah rapi baru deh lo handle Rusyda.

A : Gue sih ga masalah dengan gue cape karena pulang kerja. Gue rela berepot-repot untuk Rusyda. Apalagi yang bisa gue bayar untuk dia. Bekerja di luar aja udah kesalahan. nah, apalagi kalau waktu gue hanya sedikit yang dihabiskan untuk Rusyda? Gue takut Rusyda lebih milih Mba Diah daripada gue.

B (dalam pikiran n hati)  : hm... gue sih ga papa Azka dihandle sama yang lain dulu selama gue 'membereskan' diri gue. Kok mikirnya sebegitunya yah?

B : Ya nggak lah. Azka juga kalo gue pulang langsung gelendotin gue. Langsung ga mau sama siapa-siapa. Padahal seharian maen sama nyokap n Mba Upi.

A : Ya itu kan Azka.

A : Terus gue juga paling sebel kalo misalkan anak ga mau pake baju, ga mau makan, terus mba nya yang ngalokin. Sini, sama mba aja. Tugas ibu tuh ngurusin anak, pake baju, makan, sampe bener-bener beres.

B (salam pikiran n hati) : oh gitu ya. ha..ha.. Gue santai dunk. kalo Azka ga mau gue suapin atau dipakein baju, terus mempan sama Mba Upi, ya udah... yang penting goalnya tercapai : dia makan, baju kepake.

B : Hm...

Kemudian diskusi berhenti karena Azka mulai rewel dengan mainan sajadah Uti yang dibuat menjadi jalanan mobil. Hm.. kayanya Azka udah ngantuk. Dan diskusi pun tidak menghasilkan suatu komitmen baru untuk Bunda. he..he..

Malamnya, Bunda share diskusi ini ke Abi. Tanggapan Abi (Bunda ga bilang Abi atau Bunda bener, tapi Bunda sepaham dengan pemikiran Abi).Ini tanggapannya ,,,

Bekerja di luar aja udah kesalahan. nah, apalagi kalau waktu gue hanya sedikit yang dihabiskan untuk anak?
Jadi Uti dulu bekerja itu kesalahan?
Kalau ga berkeja gimana, kalau ga bisa kuliah, lebih kesalahan juga atau ngga?

Terus gue juga paling sebel kalo misalkan anak ga mau pake baju, ga mau makan, terus mba nya yang ngalokin. Sini, sama mba aja. Tugas ibu tuh ngurusin anak, pake baju, makan, sampe bener-bener beres.

Abi : Ga bisa gitu. Anak ga bisa dikekang dia maunya apa. Kalau suatu waktu dia lagi mau sama orang lain yang bukan ibunya, ya biarkan saja.

Bunda : Iya ya Bi... toh tetep aja kok posisi kita sebagai ibu ga tergantikan. Azka tetep aja gelendotan cari aku. Biarpun Ibuku dulu kerja, rasa respect aku dan posisinya sebagai Ibu juga ga tergantikan kok, sama orang lain.

Abi : Yah.. pikiran orang beda-beda sih ya. Mungkin Arie sangat idealis.

Bunda : Iya.. kalo kita nyantai ya Bi. he..he..

So, lagi-lagi, jangan membuat sulit posisi 'ibu yang bekerja' ya. Semuanya ada porsi dan kepentingan masing-masing. Menjadi ibu rumah tangga adalah dambaan pekerjaan setiap ibu pastinya. Namun, suami - istri yang menyepakati istrinya untuk juga menjadi 'bread winner' tetaplah hal yang musti dihargai.

Ya ALLAH... kami mohon ridhoMu untuk apa yang kami (para istri) kerjakan untuk keluarga (suami dan anak) kami Ya ALLAH. Amien.Ya Robbal Alamiin.

MK C3-C4


No comments:

Powered By Blogger