Saturday 10 September 2011

Melatih Hati Melihat Status

This is the story :)

Facebook adalah sebuah situs jejaring sosial yang (kayanya nih) dimiliki oleh hampir semua penduduk dunia yang bersentuhan dengan internet. Note : Tapi Bunda kenal lho, ada orang yang ga mau punya facebook. he..he..

Hm.. kalo mengupas facebook dan feature nya akan suangat panjang bahasannya. sedangkan di sini Bunda pengen berbagi hasil pengamatan.

Jadi, Bunda aktif buka facebook waktu pindah ke kantor baru. Di kantor lama, facebook ga bisa diakses, jadinya Bunda ga pernah buka-buka. Bunda bilang ke adik Bunda, males ah main facebook-an. Terus adik Bunda bilang kalau malesnya Bunda itu karena ga bisa ngakses. Kalau bisa ngakses, pasti jadi 'banci facebook' juga.

Dan ternyata... saat di kantor Bunda yang baru kita bisa akses facebook secara bebas, Bunda ga terlalu aktif facebook an, dalam arti suka ganti-ganti status wall, suka upload foto. Ngga, Bunda malas mengerjakannya. Dan menurut Bunda, hal-hal itu adalah privacy di mana ga semua hal yang kita kerjakan atau kita rasakan perlu diketahui orang banyak. Dan Abi pun setipe sama Bunda. Jadi Abi dan Bunda, adalah pemain pasif nya facebook. he..he.. Tapi memang ada feature nya yang kita manfaatkan. Seperti untuk silaturahim ke teman, update info atau berita baru atau unik, dan juga berbagi artikel yang menarik.

Salah satu feature unggulannya facebook adalah kita bisa nulis apapun di wall. Most likely, yang sering Bunda perhatikan status teman-teman adalah ... curhatannya baik itu seneng atau sedih, aktivitasnya lagi ngapain dan perasaan yang menyertainya, serta 'prestasi' atau 'pencapaian bagus' yang ia peroleh. Oh ya, feature lain lagi yang sering diupdate adalah foto.Kalo zaman dulu foto-foto digunakan untuk dokumentasi keluarga dengan cara negatif film nya dicetak, terus disimpan di album untuk suatu hari dikenang atau jadi bahan cerita, kalau sekarang foto-foto itu langsung dipamerkan ke dunia maya tak bertepi (pinjam istilahnya ibu Elly Risman waktu ceramah di kantor Bunda yang lama).

Untuk status, sah-sah saja seseorang mengabarkan dia abis ngapain, mau ngapain. Tapiiiii.... maaf-maaf nih, kadang ada status yang bikin 'jengah'. I mean... maksud Bunda gini... Kadangkala ada fesbuker yang masang status yang berkaitan dengan high llifestyle nya dia. Bunda sempat discuss dengan Abi beberapa contoh konkretnya, menurut Abi itu ujub kalau menurut Bunda itu snob. he..he.. sami mawon, Intinya, kadang ada status yang sifatnya memamerkan apa yang dia lakukan, yang tidak dilakukan orang lain dikarenakan ... keterbatasan untuk mengaksesnya. Hayyahhh pusing. Yah pokoknya gitu deyh. Misal gini :

I'llshop till I drop...
Enaknya abis spa...
otw to ujung dunia for honeymoon..

hm... mungkin Bunda salah juga. Bunda perlu koreksi hati juga sih jangan-jangan Bunda ga demen sama status fesbuker yang gitu karena iri kali yah.. ha..ha.. Ah, ngga juga sih. Karena, misalkan ada 2 fesbuker dengan status yang kurang lebih sama : 'abis spa di bla-bla-bla', Ada fesbuker yang Bunda ignore atau Bunda anggap aktivitas itu biasa untuk dia dan dia hanya mengabarkan keberadaannya; ada fesbuker yang Bunda anggap lebay alias bikin Bunda wandering... maksud loe apa nulis-nulis gitu???  Idiiihhh sirik banget deh nih hati.

Jadi intinya sih, ini nasehat untuk Bunda pribadi :
1. Hati-hati kalau bikin status. Jalankan apa yang sudah Bunda lakukan sekarang. Pasang status untuk berbagi berita, artikel, informasi. Hati-hati kalau mau memberitakan kabar gembira diri kita. Karena kegembiraan untuk kita, belum tentu suatu kegembiraan buat orang lain, malah mungkin mengundang jealousy di dalamnya.
2. Latih atau jaga hati saat baca status. Ga usah lebay saat baca status orang, ga usah diseriusin banget. Toh kadang yang nulis juga kadang iseng, tanpa maksud atau tendency apa-apa.
3. Kaga usah maen fesbuk (ha..ha..) Bisa aja sih, tapi kayanya belom mau. Karena ada beberapa hal yang menguntungkan yang bisa dioptimalkan lewat facebook.

Baiklah, sekian 'ngelemesin' tangan untuk malam ini. Moga tidak ada yang tersinggung dengan apa yang Bunda tulis. Kalaupun ada, Bunda mohon maaf ya... :) ga maksud kok. Ga sesuatu banget deyh. (jiiiaahahhh gayanya artis syapa tuch?

di kamar. setelah abi dan azka bobo.

No comments:

Powered By Blogger