Tuesday 21 June 2016

Rapot Kenaikan Kelas Azka

This is the story :)

Sabtu lalu adalah hari pembagian rapot di sekolah Azka. Kegiatan ini didahului dengan pentas akhirussanah dan diakhiri dengan buka puasa bersama.

Yang dibagikan ada 4 item, yaitu :

Rapot Nilai
Rapot ini seperti rapot sekolah pada umumnya, berisi nilai anak kita untuk tiap pelajaran. Nilai tersebut disandingkan dengan nilai rata-rata, atau untuk rapot Azka saat ini namanya nilai minimal kelulusan.
Alhamdulillah nilai Azka di atas batas minimal kelulusan. Pelajaran yang nilainya tertinggi adalah Ilmu Pengetahuan Sosial. Senangnya, di rapot ini kolom rangking sudah tidak ada. Yeaaay... karena tidak fair dan tidak relevan lagi menilai keberhasilan anak hanya dari rangking.

Rapot Narasi
Rapot ini berisi narasi karakter Azka. Diberikan nilai juga secara narasi. Misal, sudah berkembang, belum berkembang. Di dalamnya juga dilampirkan foto-foto kegiatan outbond, fun cooking, CBC (character building camp). Dari sini, kami orang tua mendapatkan gambaran yanglebih detail mengenai bagaimana karakter anak di sekolah. Ada yang berbeda, ada juga yang sama.

Rapot Iqro
Rapot ini adalah rapot unuk aktivitas iqro dan tahfidz Azka. Alhamdulillah untuk surat-surat pendek dia cukup senang menghafal. Alhamdulillah kami memiliki speaker Al Quran, untuk dia perdengarkan. Qori favoritnya adalah qori anak-anak Muh. Thoha Al Junaed. Kenapa ga Bunda atau Abi yang memberikan hafalan? Hm... Ini karena hafalan Bunda dan Abi juga masih nyontek. Bunda pribadi kalau menghafal sepertinya lebih sering 'mengganti' hafalan, bukan 'menambah' hafalan. Astaghfirullah. Bunda senangnya murajaah dengan Azka. Hayu ah... DItumbuhkan dong semangat menghafal Al Qurannya.

Portfolio
Isinya adalah semua worksheet yang dikerjakan selama kegiatan belajar. Di sekolah Azka, tidak digunakan buku cetak dan buku tulis. Semua dikerjakan menggunakan worksheet. PR pun ada, hanya untuk meneruskan aktivitas worksheet yang tidak selesai di sekolah. Di sini orang tua bisa melihat progress anak-anaknya, yang awalnya tidak mau menulis, menjadi bisa menulis.

Secara keseluruhan, Azka di penghujung kelas satu ini menunjukkan progress yang luar biasa. Dari awal tahun ajaran yang diam di pintu kelas, masuk kelas duduk di belakang, sekarang sudah mau berbaur. Bahkan untuk snack time atau makan siang.Malah karena terlalu berbaurnya, fasilitatornya bilang Azka cenderung bercanda. wheww...

Selain itu kemandirian Azka juga berkembang sangat baik. Contohnya adalah saat waktu shalat, Azka mandiri langsung berwudhu, dan menuju tempat shalat. Ada beberapa temannya yang masih perlu dipanggil untuk shalat apabila tiba waktunya,

Yang perlu dilatih pada Azka adalah kesabaran dan penugasan kewajiban. Untuk kesabaran, contohnya adalah Azka paling cepat apabila diminta tertib oleh Ibu Guru. Namun teman-temannya suka lama tertibnya. Azka suka kesal dan jadi marah. Untuk penugasan kewajiban, ini memang jadi PR. Mungkin karena tabiat habit di rumah kami yang ada khadimat, jadi kami tidak mengerjakan pekerjaan rumah. he..he.. Tapi mungkin ini bisa dimulai dari hal yang sederhana, seperti menyingkirkan piring setelah makan ke tempat cuci piring, menyingkirkan baju telah dipakai ke keranjang cucian, dll.

Dan, di kelas dua nanti, fasilitatornya adalah kak Alfi dan kak Febri. Azka senang dengan kak Alwi karena Kak Alwi suka mengajak jalan-jalan mencari kepompong, suka mengajak ke tebing. Ha..ha.. emang anak-anak. Lebih senang eksplorasi sekitarnya.

Semoga kelas dua nanti Azka semakinlebih baik. Aamiin.

No comments:

Powered By Blogger