Monday 12 September 2011

Tantangan Menulis

This is the story :)

Agak klise deh judulnya. Tapi memangitulahkenyataannya. he..he.. Menulis itu sulit. Kesulitannya bukan pada teknik menulis. Bunda ga bilang kalau Bunda sudah menguasai teknik menulis ya. he..he.. Tapi menurut Bunda, teknik menulis bisa dipelajari, dan melalui latihan yang kontinu, pasti semua orang (insyaALLAH termasuk Bunda ya... ) akan bisa menulis yang baik dan benar.

Sesungguhnya setiap orang bisa menulis. Termasuk Bunda. Bisa nulis. Nulis apaaaa saja. Mau itu jelek atau bagus, itu nomor 23 (so yang nomor 1 - 22 nya apa??). Nah, tantangan menulis yang Bunda rasakan adalah :

1. Menanamkan komitmen untuk menyediakan waktu untukmenulis setiap hari, dan konsisten melaksanakannya. Kata Ibu Indari Mastuti dalam sebuah web (sorry, lupa web nya yang mana). Sediakan waktu untuk menulis setiap hari dengan konsisten. Ga perlu berlama-lama, misalkan 10 menit, 1 jam, kalau konsisten dilakukan pasti akan menghasilkan sesuatu yang positif.

2. Mengalahkan mood 'males nulis', apalagi kalau idenya lagi mentok.

Untuk nomor 1 dan 2, sakit akutnya Bunda adalah... kalo nulis, ada ide, harus capcus ditumplekin semuanya. Kalo ngga, rasanya kaya orang laper ditahan gitu deh, ga nyaman. Kalo ditumplekin setengah-setengah, suka dihinggapi penyakit males atau ga mood. Berasa idenya ga se-fresh waktu awal tuh ide muncul. Konsekuensi yang terjadi adalah ... kalo start ngetiknya malem-malem, abis nungguin azka bobo, Bunda suka bablas sampe jam 3 pagi. Nah, besoknya kerja, jadi ga bagus deh efeknya. Ngantuk. EFek lain adalah ... Abi suka ga seneng lihat Bunda manteng depan komputer sampe dini hari gitu. Jadi, solusi terbaik adalah... Bunda musti disiplin nulis setiap hari dengan durasi waktu yang harus dibatasi. it's a must, for the benefits of all.

3. Telaten untuk me-rewrite tulisan yang udah pernah dibuat. Apalagi kalau tulisanitu sudah pernah direview oleh orang lain yang udah pengalaman nulis, untuk dilakukan perbaikan.

4. Merapikan file-file hasil ulisan. Biar ketahuan progress nya.

Jadi, empat hal ini menjadi PR Bunda mulai sekarang. Ayo smangat mulai!
Moga memberikan hasil terbaik. Amien.

2 comments:

marthavina said...

Aih...! seneng bgt deh ketemu sama Mba, yang passionnya sama kayak aku. Aku juga suka bgt nulis. Makanya bikin blog, takut gak tersalurkan , secara bisa gila sendiri nanti. yg paling seneng lagi bisa ketemu Ibu Rumah tangga yang pastinya seperasaan, dan sepenanggungan.Butuh banyak pengetahuan ternyata jadi Mama dan Istri, teman seperjuangan tentunya sangat membantu. Sukses buat belajar nulisnya ya mba

Cerita Keluarga Kami said...

Terima kasih Mba Marthavina.
Iyah, aku lagi belajar nulis, dengan harapan banyak lessons yangbisa kukumpulkan di sini, dan pengennya sih anak dan cucuku ikutan baca. he..he..

Powered By Blogger